Thursday, April 9, 2015

Membuat Antenna Untuk Modem


antena ini dibuat berdasar dari antena pak Bambang :http://bset21.wordpress.com/2012/05/07/modem-zte-konektor-ke-booster/. Berikut sharing pak Bambang :

Kebetulan saya di posisi geografis yg secara teknis diluar jangkauan layanan EVDO rev.B nya smartfren … jadi saya pakai booster antena (aslinya untuk TV, beli di Borma Dakota).. dan berhasil menonton video itu dengan lancar (rata-2 100 kBps). …
Penjelasannya sebagai berikut :
1. GSM bekerja pada frekwensi 900 Mhz dan 1800 Mhz. Dan CDMA bekerja pada frekwensi 800 Mhz, Kecuali smart pada 1900 Mhz. Kalau Friend pada 800 Mhz, Smart pada 1900 Mhz.. smartfren berapa? Mengikuti smart kah (1900 Mhz)? atau friend kah (800 Mhz)?. Sementara frekuensi TV ada di 400 – 800 Mhz. Jadi kalau modem bekerja pada 800/900 Mhz itu bisa pakai antenna TV buat receive !
2. Pada modem tidak ada konektor untuk sambungan ke antena luar. Jadi sambungannya lewat electromagnet coupling. Dibuat gulungan kawat yang menyelubungi modem sehingga signal yang diterima antena dapat ditangkap modem lewat induksi dari lilitan kabel.

Berikut cara membuat antena buat modem :

1. Siapkan kertas karton, saya pakai karton bekas bungkus susu. Potong karton bagian sisi sampingnya.


2. Gulungkan karton pada modem. Potong karton sepanjang kira2 cukup untuk menggulung modem (1 lapis). Lem karton-nya supaya gulungan tidak lepas. Jangan lem karton pada modem. Gunakan lem adhesive (fox, castol, uhu, aica aibon dsb).

3. Lubangi salah satu ujung gulungan dengan paku/jarum. Masukan kabel dan belitkan pada lubang itu. Gulung kabel pada beberapa lilitan. Silahkan experimen mencoba-coba jumlah lilitan yang menghasilkan sinyal yang bagus. Semalam baru mencoba 5 lilitan. Pada liltan terakhir, rekatkan selotip supaya lilitan tidak lepas dari karton. Lubangi lagi diujung karton, belitkan ujung kabel/kawat di lubang itu.



4. Siapkan kabel dan konektor antenna, female konektor yang buat sambungan kabel antena (harga 3000 perak). Pasang konektor pada kabel. Solder kabel pada kabel/kawat liltan. Selesai sudah.




Pasangkan jack antena tv pada female konektor. Jadi pada dasarnya yang dibuat adalah interface antara modem dan antenna tv. Dan antenna/booster yang dipakai cuman bekerja receive saja.

Update :

Antenna bekerja dgn baik, kini modem bisa konek hsdpa dengan stabil pada sinyal 3-4 strip (max 5 strip). Padahal sebelumnya susah konek hsdpa, sinyal pun ngga dapat.

No comments:

Post a Comment